Tentang Halamansekolah.online dan Motivasi Ngeblog

Daftar Isi
halamansekolah.online dan motivasi ngeblog

Setiap pekerjaan tentu ada motivasi yang ada melatarbelakanginya. Apakah sengaja atau tidak sebuah pekerjaan itu diambil. Tentu rencana Rabb yang memegang andil. Begitu juga dengan ngeblog, ada rencana Allah sehingga aku diperkenalkan, berkecipung dan terus berada di dalamnya hingga titah menyuruh untuk berakhir.

Motivasi ngeblog apa?

Aku tidak sengaja ngeblog. Waktu itu tahun 2019, aku masuk komunitas ODOP batch 7, one day one post. Disyaratkan untuk memiliki blog.  Padahal awalnya aku suka menulis fiksi. Tidak terlalu paham tentang blog sebenarnya membuat isi blog ini tentang literasi, tentang fiksi.

Nah, baru pada April 2019, aku memutuskan untuk membeli domain online. Itupun karena aku sedikit kecewa dengan pengumuman CPNS 2019. Lha … apa hubungannya? Iya biasanya kalau hati sedang tidak nyaman biasanya aku menuliskan di dalam blog. Semacam terapi healing.

Dibalik itu semua Allah tunjukan jalan kalau ini adalah jalan yang nyaman untukku. Sesuai passion. Bahkan tidak merasa lelah. Padahal terkadang menulis hingga larut malam. Ada rasa bahagia ketika sebuah tulisan telah siap untuk terbit. Tidak menjadi beban, semua mengalir begitu indah dan sama sekali tidak mengganggu jam tidurku.

Walaupun terkadang semangat turun naik. Karena sebagai mom blogger besar kendalanya. Waktu yang ada terasa sangat sedikit. Menulis menunggu si kecil tidur terlebih dahulu. Kalau tidak ia akan ikut memainkan tangannya di keyboard laptop. Menidurkan dia, terkadang malah membuat aku tertidur juga. Lewat deh menulisnya.

Ketika semangat terjun bebas, aku biasanya mengingat kembali alasan kenapa menulis blog. Supaya cepat cepat mengambil langkah untuk segera restart kembali.

Tentang halamansekolah.online

Halamansekolah.online tempat belajar berbagi dan memperkaya ilmu tentang literasi. Nama halamansekolah diambil ketika aku sedang duduk di depan kelas sambil memperhatikan anak-anak yang sedang istirahat. Ada yang berlari-larian, ada yang sibuk menikmati sarapan paginya.

Kupikir halamansekolah akan menjadi web secara online tempat belajar, berbagi sekaligus memperkaya informasi. Selain mudah diingat, nama ini akan menjadi ciri khas bahwa blog ini berisi tentang pendidikan.

Benar saja, beberapa klien dan agency sering menyapa di whatapps, ini penulis di halamansekolah ya? Meskipun sebagian besar dari mereka berkepentingan soal content writer.

Seiring waktu, halamansekolah berubah menjadi blog personal berisi tentang parenting, blogging, edukasi, lifestyle dan kesehatan.

Kenapa berubah?

Mengikuti permintaan pemberi job. Jadi begini, sejak mengikuti KGB 1 pada bulan September. DA halamansekolah.online naik ke angka 16. Sejak saat itu, bisa menerima job. Matre dong? Sebenarnya, isi content tetap menjaga tetap mengunggulkan pendidikan. Namun, sejak memiliki top level domain(TLD) online, blog ini mau tidak mau harus bisa menghasilkan juga ‘kan? Minimal ada untuk biaya perpanjangan domain di tahun depan.

Mengapa memilih domain online?

Sejujurnya waktu itu aku belum mengenal domain yang kebanyakan orang gunakan. Melihat harga online terjangkau akupun mengambilnya. Cocok jika dipadukan dengan nama halamansekolah. Meskipun tidak sepopuler TLD yang sering orang gunakan, blog ini terus berjuang agar diterima dihati pembacanya.

Sampai kapan ngeblog?

Jika ditanya apa alasan masih tetap bertahan di dunia blog. Simple saja. Sama saja seperti alasan kenapa aku ingin menulis blog, seingatku ada 4 alasan:

Menulis untuk berbagi

Aku terngiang perkataan suami bunda Asma Nadia, Isa Alamsyah, katanya “llmu bernilai 7 yang dibagikan masih lebih bagus daripada ilmu bernilai 10 yang hanya disimpan sendiri. Membagi ilmu yang sedikit jauh lebih baik daripada menyimpan banyak ilmu untuk diri sendiri.

Nah, dengan menulis di blog aku punya kesempatan untuk berbagi apa yang pernah aku dengar, aku lihat, aku rasakan, dan didapat. Siapa tahu setelah dibaca orang lain membawa manfaat.

Menulis untuk Investasi Akhirat

Penulis akan tetap hidup dalam karyanya meskipun ia telah tiada. Pahala pun akan terus mengalir selagi tulisannya membawa manfaat. Untuk itu dengan menulis berharap mempunyai investasi akhirat yang bias menolongku di akhirat kelak. Aamiin.

Kelak jika aku telah tiada, semoga anak-anak akan melihat, mengenal, mengenang ibunya lewat tulisan yang pernah tertoreh di blog sederhana ini.

Membangun pikiran positif

Menulis di blog dapat membangun pikiran yang positif. Apa yang kita tulis jika baik, tentu sumbernya juga baik. Mengharapkan hasilnya juga akan membawa kebaikan. Bukankah pikiran positif juga akan direspon oleh alam agar menghasilkan yang positif juga.

Membawa diri lebih produktif

Menulis membuat seseorang lebih produktif, rajin membaca, rajin riset, suka mengamati. Jadi banyak melakukan aktifitas dan lebih produktif. Ditambah lagi, suka memfoto. Terjun ke banyak komunitas. Banyak belajar, terus mengupdate informasi dan ikuti pengembangan diri. Baru baru ini aku mengikuti materi story telling yang keren oleh bapak Bambang Irwanto. Wah … blogger itu produktif bukan?

Lalu, jika ditanya sampai kapan ngeblog? Sampai tidak diberi kesempatan lagi oleh Rabb semesta alam. Selagi badan sehat ada kesempatan, insya allah akan terus ngeblog.

Mimpiku adalah mimpi yang sama

Mimpiku adalah mimpi yang sama, yang kuutarakan saat pertama kali memutuskan untuk serius mendalami blog. As a blogger. Semoga halamansekolah.online tetap hidup semangatnya untuk bersama sama blogger yang lainnya membangun literasi digital.

Bukti keseriusanku menjadi seorang blogger, aku mengikuti kelas pengembangan diri seperti one day one post (ODOP), kelas SEO Online, kelas Growthing Blogger (KGB). Semoga mimpi ini tercapai hendaknya. Diberi ilmu, diberi kesabaran karena untuk menjadi blogger sangat tidak mudah.

Kesimpulan

Tidak ada yang tidak sengaja di dunia ini. Semuanya menurut kehendak Allah, termasuk jalanku mengenal dunia blogging. Kesempatan yang barang kali orang lain belum memikirkan bahwa ini ladang amal dan berpeluang yang bisa menghasilkan. Semoga selalu ada jalan ke depannya, dan terjaga semangat. Proud of halamansekolah.online.

 

 

 

Posting Komentar