Kelas SEO Online Beri pengalaman Ngeblog Asyik

Daftar Isi

Menaikan kelas blogger

“Bisa menulis, pasti bisa ngeblog?” dulu aku beranggapan begitu. Lalu, berani memulai fokus ke blog sekitar bulan Agustus 2019. Sampai aku, bertemu dengan kelas growth Blogger, kelas yang merubah mindsetku tentang blogging. Aku penasaran tentang kelas ini, sehingga memutuskan untuk masuk ke yang premium, kelas SEO Online.

Apa itu Kelas SEO Online?

“Menulis, ingin dibaca banyak orang?” bagaimana bisa jika tidak muncul di search pencarian google. Benar juga ya, tidak hanya sekedar menulis lalu posting, namun perlu tahu seluk beluk SEO, search engine optimization.

Alhamdulillah pada bulan September 2019, aku bertemu dengan kelas gratis growth blogger. Yang didirikan oleh mas Irwin dan mas Pewe, dengan tujuan agar standar blogger Indonesia naik kelas.

Kata mas Irwin SEO adalah salah satu cara untuk mendapatkan trafik jangka panjang.

Sedikit demi sedikit terbuka juga pengetahuan umum tentang SEO. Sayangnya aku dipaksa keluar group belajar karena membuat heading artikel yang belum tepat, sebelum kelas selesai.

Seperti makan belum kenyang tapi dipersilahkan berhenti ya? Tahu ‘kan rasanya? Nah, karena itu aku berniat masuk kelas SEO online yang premium atau berbayar. Kalau ada niat, ada saja jalannya, akhirnya pada Desember 2019 bisa juga daftar dengan biaya yang diberi Rabb dengan cara tidak terduga.

Alasanku belajar SEO

Selain itu ada beberapa alasanku belajar SEO:

Ingin optimasi blog sehingga bisa tampil di halaman pertama

Wah kelihatannya sulit sekali, tetapi insya Allah bisa. Di sini diajarkan bagaimana mencari keyword yang tepat sehingga konten dapat muncul di page one. Dengan cara melirik keyword di situs yang tersedia. Melihat kompetitornya sampai Keyword turunan yang memungkinkan untuk dibuat.

Memiliki DA/PA yang tinggi

DA/PA yang tinggi menjadi salah satu syarat yang diberikan klien untuk mendapatkan job. Semakin tinggi DA/PA maka semakin berkualitas blog seseorang. Di Kelas gratis DA-ku naik dari angka 4 ke angka 16. Meskipun hanya diijinkan belajar dua minggu, aku sudah dapat job sekitar 8 campaign setelah mengikuti kelas tersebut. Nah, yang gratis saja sudah push sedemikian rupa, bagaimana yang premiumnya ya?

Menurutku ini adalah salah satu keuntungan jadi blogger, dapat ilmu, tulisan dibaca dapat cuan pula.

Bergabung dengan ahli SEO

Berada dalam lingkaran ahli SEO, sedikit banyak akan berpengaruh ke blog yang kita punya. Dengan bergabung di kelas SEO online, otomatis akan kenal dengan ahli SEO sehingga jika mengalami kendala dalam memahami, tentu tidak sungkan untuk bertanya bukan?

Selain itu, informasi tentang job akan mudah didapatkan. Biasanya mereka ahli dalam meyakinkan agency untuk memakai jasa blogger yang telah bergabung di dalamnya.

Materi yang didapat

Kelas SEO online berlangsung kurang lebih dalam dua minggu. Sehari materi sehari libur, tapi untuk tanya jawab dipersilahkan setiap hari. Menurutku padat materi. Dimulai dari pengenalan SEO on page, SEO off page dan terakhir audit blog.

Dalam optimasi SEO, pertama kali aku harus tahu cara membaca google analytic, dimana selama ini sangat abai tentang ini. Lha iya, buka GA kalau ada permintaan dari agency aja untuk syarat pencairan. Huhuhu.

Semakin banyak materi yang diberikan semakin tahu bahwa diri masih jauh dari pengetahuan SEO. Harus terus belajar dan tidak berhenti belajar. Sedikit demi sedikit dilatih agar ke depannya postingan sesuai dengan SEO. Sampai sampai membuat judul artikelpun meski dihitung dulu.Untuk artikel yang sudah terlanjur terbit dengan URL terlalu panjang siap siap juga untuk dirubah permalinknya.

Kesimpulan

Nah, itulah cerita di kelas SEO online yang sudah memberi pengalaman ngeblog asyik. Jadi asyik karena sudah tahu ilmunya. Berusaha untuk mengaplikasikannya. Semoga blog halamansekolah.online semakin bisa dioptimasi, semakin asyik karena pundi job banyak yang datang. Aamiin.

 

 

 

 

 

Posting Komentar