Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar SEO Bersama Growth Blogger

Seo on page dalam sebuah blog ibarat pondasi kuat sebuah rumah. Cantik tampilannya kalau tidak ada pondasi yang kuat akan runtuh. Oleh sebab itu penting sekali Belajar SEO On Page untuk membuat pondasinya. Bersyukur sekali aku diijinkan bergabung di kelas growth blogger yang di prakarsai oleh Mas Irwin, dan mas Pewe .

Belajar SEO On Page bersama Growth Blogger

Belajar SEO On Page di kelas Growth blogger menyadari bahwa saya masih sangat jauh pemahaman tentang ilmu blogger. Ilmu yang saya dapat disini belum pernah saya temukan di luaran. Saya merasa seperti sebongkah batu di lautan intan. Duh, pokoknya di kelas ini keren-keren semua. Harapannya meskipun batu, semoga bisa ikut bersinar di dunia perbloggan. Baiklah, saya coba sharing sedikit disini.

Belajar SEO On Page bersama Bahrul Ilmi

Seperti yang kita tahu SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah trik bagaimana blog dapat berada pada halaman pertama mesin pencarian. Jika sudah pertama, tentu traffic pengunjung organik akan naik. Wah senangnya tulisan dibaca lebih banyak orang. Bonusnya penghasilan di google adsense pun bertambah. 

Nah, di kelas growth blogger kita belajar SEO On Page dipandu langsung oleh mas Bahrul Ilmi, specialist SEO yang sudah dikenal dimana-mana. Dimana lagi coba bisa belajar secara gratis dengan oppa Baim, panggilan akrabnya. Selain sudah ahli dibidangnya, beliau juga seorang content writer. Lihat saja tulisan produktifnya di nulisin.com. Wah, semuanya berkualitas. 

Seingat saya Oppa Baim sedikitnya sudah empat ilmu yang diberikan yaitu tentang:
  • GA atau google analytic
Kata Oppa Baim, google analytic Google Analytics adalah tools milik Google yg bisa kita manfaatkan untuk membaca data terkait traffic/kunjungan di blog kita. Untuk itu kita perlu menyambungkan blog dengan Google Analytics.
  • GSC atau google search console
Layanan yang disediakan google untuk membantu blog supaya dikenali oleh mesin pencarian google. Dengan tujuan mudah dibaca keberadaan blog oleh mesin pencarian google.
  • Keyword
Keyword adalah kata kunci sebelum membuat sebuah postingan di blog. Ini membantu menemukan ide tulisan, mendapatkan kata kunci potensial, Membangun konten yg “menjawab” kebutuhan pembaca. Ini bisa kita lakukan dengan menggunakan layanan keyword seperti Ubbersuggest.
  • SEO
Jika ingin blog kita tampil diurutan pertama di halaman pencarian, maka empat item diatas perlu dioptimalkan oleh seorang blogger. Setelah belajar SEO On Page saya mencatat ada hal yang perlu dilakukan agar blog kita lebih optimal:

Membuat Judul yang diinginkan

Judul adalah hal yang pertama yang orang baca. Orang tertarik ingin membaca atau mengabaikannya dari sebuah judul yang dibuat. Berbeda dengan fiksi ternyata judul di blog ada aturannya sehingga muncul dipencarian google. Belajar SEO On Page, saya jadi tahu bahwa ketika membuat judul, Kita bisa melakukan:

Membuat judul yang mengandung keyword

Membuat judul yang berisi padat jelas dan informatif tentang isi blog
Membuat judul maximal 60 karakter dan lebih baik 65

 Membuat Permalink

Dulu sebelum saya belajar SEO on page, buat permalink suka-suka hati. Nah, sekarang saya berlatih buat atau alamat url sesuai yang diharapkan SEO yaitu sebaiknya tidak terlalu panjang. Sebab, jika terlalu panjang akan terpotong. Tentu blog kita oleh mesin pencarian dianggap tidak mempunyai kredibilitas. Url maxsimal 75 dan lebih baik 60 karakter. Oh ya, agar segera dibaca oleh google, saya segera minta pengindex-an setelah posting di google search console. Meskipun GSC bisa index otomatis, meminta mengindex akan segera membuat postingan terbaca oleh mesin pencari.

Menyusun tag heading H1, H2, H3 dengan tepat

Heading ini yang menurut saya paling sulit penerapannya. Saya sampai nangis di pojokan. Biasanya ‘kan judul dalam sebuah postingan sudah tersetting H1, namun tamplate saya yang sebelumnya, judul postingan terkonsep H2. Duh, belajar SEO harus judul postingan H1. Alhamdulillah ada mbak Marita yang bantui. She is my angel lah saat ini. 

Kenapa harus H1? Mesin pencarian lebih menyorot H1 itu adalah judul postingan. Kita bisa tahu dengan cek di meta inspector blog kita ya. Kemudian jangan lupa mengurutkan H2, H3 dan seterusnya di postingan. Sub judul biasanya di menu blog memakai heading. Sub-sub judul memakai sub heading.

Membuat meta deskripsi

Meta deskripsi biasanya diisi dengan paragraf pertama sebuah postingan. Jadi saya membiasakan diri memasukkan keyword pada paragraf pertama. Membuatnya semenarik mungkin sehingga orang tertarik membaca. Untuk panjang deskripsi disarankan hanya 150 karakter saja.

Menginsert title dan Alt pada gambar

Pernah tidak kita mencari sesuatu di mesin pencarian dan yang muncul adalah gambarnya. Itulah fungsinya membuat title atau judul pada gambar dan kemudian Alt gambar, supaya mesin pencarian membaca gambar yang kita sisipkan. Keuntungannya, sama. Trafik kunjungan akan meningkat. Lalu caranya bagaimana sisipkan keyword pada judul yang kita buat ya.

Memasukkan outbond link dan internal link

Outbond link adalah link yang kita tanam di artikel menuju halaman atau blog orang lain yang sesuai sumber artikel. Keuntunganya selain sesuai dengan SEO on page, ini juga dapat menaikan DA lho. Namun, perlu hati-hati juga. Jika, link tersebut sudah tidak aktif lagi akan menjadi broken link. Broken link dapat mengganggu optimasi blog kita.
Sementara, Internal link adalah link yang kita tanam pada postingan menuju postingan atau artikel kita yang lain. Usahakan link yang kita tanam sesuai dengan yang kita bahas. Nah, jika orang lain mengklik link yang kita tanam, ini akan menjadi sumber direct pengunjung.

Rajin mengshare postingan setelah belajar SEO On Page

Share postingan di media social dapat meningkatkan trafik kunjungan yang berasal dari social. Semakin banyak share, tentu semakin banyak orang mengklik. Imbasnya, bisa masuk halaman pertama pencarian. Sekarang saya jadi rajin mengshare postingan setelah belajar SEO On Page, Di status Wa, facebook dan media social lainnya.

Itulah delapan catatan yang saya simpan setelah belajar SEO on page. Semoga blog halamansekolah banyak trafik organiknya dan masuk halaman pertama. Jadi investasi ilmu dan juga punya bonus yang menjanjikan.Seperti niat awal menulis di blog.

Oh iya, do’akan aku lulus belajar di kelas growth blogger ya. Bagi teman-teman yang mau segera belajar bersama coach Irwin dan coach pewe ada kelas premiumnya lho. Yakin gak bakal nyesel, kelas gratisnya aja sudah menaikan DA-ku dari posisi empat ke angka 12 dalam waktu 10 hari. Penasaran? Yuk ikutan!
Belajar SEO kelas Premium
Belajar SEO kelas Premium









Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

Posting Komentar untuk "Belajar SEO Bersama Growth Blogger"