Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Cara Konsumsi Madu yang Tepat agar Tubuh Sehat

 

cara konsumsi madu

Dalam Al Qur’an dijelaskan begitu besar manfaat madu bagi kesehatan tubuh. Penelitianpun membuktikan banyak nutrisi yang terkandung dalam madu sangat diperlukan oleh tubuh. Madu menjadi penyembuh, bahkan disebutkan bisa mengatasi berbagai macam penyakit. Kandungan yang ada dalam madu dapat pula meningkatkan kekebalan tubuh, bisa menjadi vaksin alami. Cocok sekali pada saat pandemic seperti sekarang ini.

Namun, jika tidak dikonsumsi dengan tepat, sedikit banyak akan menjadi masalah. Benar juga, di dalam Al Qur’an pun diingatkan untuk tidak konsumsi sesuatu secara berlebihan bukan?

Cara Konsumsi Madu yang Tepat

Oleh sebab itu sebelum konsumsi madu, alangkah baiknya meninjau macam-macam madu yang akan dikonsumsi kemudian telusuri apa khasiat konsumsi madu tersebut, seperti pernah ditulis blogger Betawi. Untuk sekedar menambah energikah? Meningkatkan kekebalankah? Mengobati penyakitkah? Agar tepat sesuai dengan harapan. Nah, inilah 5 cara konsumsi madu yang tepat agar tubuh sehat. 

  • Kenali Madu yang Asli

Meningkatnya permintaan madu di masyarakat membuat madu rentan untuk dipalsukan. Apalagi harganya selalu membumbung tinggi. Sebaiknya kenali madu yang asli. Jika melihat warna, rasa dan kandungan nutrisi sebenarnya tergantung dimana letak lebah berada. Apa yang dikonsumsi si lebah. Dan musim saat madu dipanen.

Madu yang asli biasanya bertekstur tebal, berat dan tidak encer. Serta tidak lengket jika dipegang dengan tangan. Ada bau bunga pada madu. Untuk rasa sendiri, ada rasa manis, dan sedikit masam. Kembali lagi tergantung apa yang dikonsumsi lebah. Ada juga madu yang rasanya manis manis pahit.

Lalu, membeli madu kemasan tidak amankah? Menurut seorang dokter madu kemasan lebih baik dari pada gula. Meskipun terdapat campuran, namun masih ada kandungan madu, meski hanya sekian persen. Lihat kemasan madu yang dibeli, agar tahu berapa persen kandungan madu alami. 

  • Takaran Konsumsi Madu

Bagi penderita diabetes, baik juga konsumsi madu. Hanya saja takarannya tidak diperbolehkan banyak. Perlu konsultasi dengan dokter. Yang perlu digaris bawahi, harus madu asli agar kadar gula dalam darah tidak naik.

Berikut ini takaran madu beradasarkan penyakit dirangkum dari buku Jurus sehat Rasulullah karya Dr. Zaidul Akbar:

  1. 1 sendok makan setiap hari untuk penyakit anemia dan infeksi riket pada bayi menyusui 
  2. 1 sendok madu dilarutkan ke dalam air hangat menjelang tidur dapat memberi efek tenang pada saraf sehingga tidak mengompol 
  3. 1-3 sendok makan dilarutkan ke dalam air hangat untuk gangguan pencernaan 
  4. 1 sendok madu dicampur dengan jahe dan perasan jeruk nipis dapat mengobati flu dan infeksi tenggorokan 
  5. 1 sendok makan dilarutkan dalam air hangat dapat mengobati insomnia 
  6. 7 sendok makan madu setiap hari dapat mengobati kecanduan alcohol 
  7. 1 sendok makan madu dicampur jeruk nipis, tiga kali sehari dapat megobati batuk.
  • Waktu yang Tepat Konsumsi Madu

Dr. Zaidul Akbar juga menuliskan bahwa madu mengandung glukosa dan fruktosa yang tinggi dan sangat bermanfaat bagi orang yang kekurangan energy, orang yang mudah letih, kekurangan darah. Agar tubuhnya menjadi kuat dan kekurangan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Tentu sebaiknya waktu yang tepat konsumsi madu adalah pagi hari, dimana waktu terbaik untuk mengawali aktivitas.

  • Cara Meminum Madu

Cara meminum madu berbeda-beda sesuai dengan selera masing-masing. Berikut ini ada beberapa cara konsumsi madu yang sering orang lakukan:

  1. Konsumsi langsung 
  2. Konsumsi dengan cara dicampur ke dalam teh. 
  3. Dioleskan pada roti 
  4. Dilarutkan kedalam air hangat kuku

Apapun cara konsumsinya madu tetap memiliki khasiat yang luar biasa. Hanya saja, nutrisi madu akan mudah diserap oleh tubuh jika dilarutkan ke dalam air. Jangan memasukan madu ke dalam air yang terlalu hangat atau terlalu dingin karena bisa membunuh enzim yang terdapat pada madu.

Inilah 4 cara konsumsi madu yang tepat agar tubuh sehat. Mulai saat ini biasakan minum madu 1- 3 sendok setiap hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari sakit dan virus.

 

 

 

 

 

Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

15 komentar untuk "Inilah 4 Cara Konsumsi Madu yang Tepat agar Tubuh Sehat"

  1. Wah ternyata konsumsi madu ada caranya ya kak kupikir asal diminum saja ..hmm harus diperhatikan lagi nih cara konsumsi madu yang benar supaya hasilnya tepat

    BalasHapus
  2. Iya bener , madu bagus dikonsumsi pagi hari ya sebelum masuk asupan yang lain ya.

    BalasHapus
  3. Kalo di rumah, penggunaan madu sering lepas kontrol kak. Anak-anak kalo udah nampak botol madu, rasanya pengen dihabiskan terus.
    Makanya kadang dijatah perbulan. Biar gak kebablasan..

    BalasHapus
  4. auto cek madu di dapur, aku suka sedih deh kalau ada klaim madu asli ternyata dicampur gula. Padahal kita konsumsi madu kan ikhtiar supata lebih sehat ya mbak. wah aku belum baca buku zaidul akbar, jadi tahu respnya sedikit makasih ya mbak

    BalasHapus
  5. Ada yg pernah ngasih tau cara konsumsi madu, kalo untuk konsumsi harian sebaiknya madu dicampur dengan air hangat kuku. Ngaduknya berlawanan jarum jam dan tidak pake sendok logam. Gmn menurut kak Linda?

    BalasHapus
  6. Kalau yg disukain semut itu madu asli atau palsu ya? Ada yg bilang asli, ada yg bilang palsu, bingung euy

    BalasHapus
  7. Aku termasuk yang harus konsumsi madu dengan campuran air. Karena, ada gangguan kalau dikonsumsi langsung. Dan enak emang badan jadinya kalau rutin konsumsi madu

    BalasHapus
  8. Begitu besar manfaat madu. Harus stok terus ini mah jangan sampai telat. Makasih ya Kak.

    BalasHapus
  9. manfaat konsumsi madu itu banyak banget ya dan semuanya tergantung jumlah madu yang kita konsumsi setiap hari jadi penasaran ingin mencobanya setiap hari

    BalasHapus
  10. Konsumsi madu ini ada takarannya ya kak, kami jor-joran banget apalagi lebih sehat kan timbang beli syrup itu. Tapi beneran sih tubuh jadi lebih fit dan sehat tentu saja

    BalasHapus
  11. Seringnya aku kalau beli madu dapatnya yang encer. Suka gak paham kalau mau beli madu. dan suka percaya-percaya aja sih kalau dibilang madu asli. Kak Linda aku juga pernah denger yang masalah ngaduk lawanan jarum jam gitu, beneran ya?

    BalasHapus
  12. Ternyata konsumsi madu ada caranya ya kak, dan penting banget buat kita untuk jeli sebelum membeli madu, jangan sampai kebeli madu yg abal2an

    BalasHapus
  13. Makasih kak infonya, jadi tau caranya so selama ini minum madu suka2 ajah hehehhe

    BalasHapus
  14. makasih mba sharingnya, saya setiap hari sih satu sendok makan aja. buat jaga kesehatan. kadang dimasukkin juga ke jus hehe. sekarang jadi tahu sih berapa takaran madu nih. bisa dicoba nanti.

    BalasHapus
  15. Dirumah ada 2 botol madu... tapi masih belum berani konsumsi... secara alergi protein tinggi... orang minum madu pada sehat.. aku malah drop kak...hehehe.. jadi curhat

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.