Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketika Istri Sakit Apa yang Harus Dilakukan Suami?

 

ketika istri sakit

Sakit bisa saja terjadi pada siapa saja, termasuk seorang istri. Faktanya seorang istri dilarang sakit. Dalam kata lain meskipun ia sakit harus tetap menjalankan fungsinya di rumah tangga yaitu menghandle semuanya. Ia harus tetap menjaga anak-anak, membuatkan makanan, mengurus rumah. Meskipun suami menyuruhnya beristirahat, tetap saja tugas sehari-hari tidak bisa ditinggalkan. Sebenarnya ketika istri sakit apa yang harus dilakukan oleh seorang suami?

Nah berikut ini ada beberapa, yang diharapkan oleh seorang istri ketika dia sakit, meskipun pada kenyataannya hal ini sulit terwujud.

Dibantu untuk selalu berfikiran positif

Bantulah istri untuk selalu berfikiran positif dan memiliki motivasi yang tinggi untuk sembuh. Sebab sumber penyakit terbesar adalah pikirannya. Seperti yang dituliskan seorang sahabat Kornelius tentang lakukan hal ini agar tidak mudah sakit. Buatlah pikirannya rileks. Dukunglah bahwa ada suami yang mendampinginya. Kenapa orang gila tidak pernah sakit meskipun kepanasan, kehujanan dan tidak merasa sakit? Sebab dia tidak terpikir untuk itu. Jadi alangkah baiknya membawa pikiran istri ke hal-hal positif. Ceritakan masa masa indah waktu pertama kali kenal dengan pasangan. Dan buatlah cerita menarik tentang masa depan yang ingin anda gapai bersamanya. Itu akan menurunkan tingkat stress terhadap penyakit sang istri.

Bantulah pekerjaan rumahnya

Jangan anda menyuruh sang istri istirahat namun tetap membiarkan pekerjaan rumah terbengkalai. Itu adalah hal sia-sia meskipun secara fisik dia istirahat namun pikirannya tetap focus ke pekerjaan rumah yang menumpuk. Jadi, luangkanlah waktu untuk membereskan pekerjaan rumahnya. Sehingga ia dapat benar-benar istirahat.

Ikut menjaga anak-anak selama istri sakit

Anak-anak yang masih usia balita sungguh belum paham bahwa ibunya sedang sakit dan butuh istirahat. Sepanjang waktu ia akan merenggek dan menangis meminta sekedar membuatkan susu, menemaninya ke toilet atau meminta ambilkan minum. Fisik yang lemah seorang istri akan mengganggap hal itu sangatlah berat. Jadi ikut sertalah dalam menjaga anak-anak ketika istri sakit. Gantikan perannya sementara, agar sang istri cepat sembuh. Meskipun kenyataannya, anak balita sungguh sulit sekali dipahamkan. Ia akan tetap merenggek dan meminta ibunya sajalah yang menemaninya.

Berikan sentuhan sebagaimana awal pernikahan

Sentuhan dapat dilakukan secara verbal maupun secara fisik. Adapun secara verbal dapat dilakukan dengan memberikan kata kata yang baik sebagaimana terasa manis seperti awal jumpa. Tidak menggerutu. Tidak emosi ketika mengahadapi istri yang sedang sakit. Sebab istri akan mudah emosi dalam kondisi sedang sakit. Kemudian, sentuhan secara fisik akan menenangkan dan membuat istri segera pulih. Berikan pijatan, sentuhan lembut di kening. Memegang tangan, memijat kaki. Sentuhan-sentuhan tersebut akan membuat istri merasa bahagia dan cepat pulih.

Atur pola makan istri

Jadilah promotor pertama untuk mengatur pola makan istri. Sebab sumber penyakit banyak disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Berikan istri makanan yang sehat, buah buahan segar. Dan kontrol mana jenis makanan yang harus dikonsumsi dan mana yang tidak boleh. Meskipun kenyataannya, ketika istri sakit jalan terbaik dan tercepat adalah memesan makanan cepat saji untuk semua keluarga. Hahaha, perlu perjuangan atur pola makan ya!

Menjaga pola tidur istri

Tidur sendiri adalah obat untuk menghilangkan rasa sakit yang alami. Terkadang bangun-bangun badan sudah sehat dan segar. Jaga pola tidur istri. Bantulah ia bisa mendapatkan tidur yang berkualitas agar benar-benar cepat pulih.

Ikut menjaga pola hidup istri

Pola hidup banyak mempengaruhi kesehatan seseorang. Terkadang keinginan terlalu besar namun kemampuan tidak ada menjadi beban pikiran. Lagi-lagi jadi sebab sebuah penyakit. Jadi, ikutlah berperan menjaga pola hidup istri untuk tidak ngoyo berharap sesuatu yang belum tentu bisa dimiliki atau dinikmati. Ajak istri untuk selalu mensyukuri dengan apa yang dimiliki, dan tidak memandang ke atas untuk hal dunia.

Selalu mendo’akan istri

Do’a suami untuk istri saat bermanfaat sebab ketika telah ada pernikahan makan surge seorang istri ada di suaminya. Doakan agar selalu disehatkan, diberikan banyak kesabaran dan diangkat penyakit sang istri.

Jangan banyak polah

Harapan istri terbesar ketika istri sedang sakit adalah suami jangan banyak polah. Polah atau tingkahlaku. Maksudnya, biasanya suami minta ini. Minta itu. Tanya ini. Tanya itu. Sampai kaos kaki dimana bertanya kepada istri. Ketika istri sedang sakit kurangilah prilaku tersebut. Lakukan segala sesuatunya sendiri.

Kemudian jangan tunjukan polah yang bisa menambah sakitnya misalnya berlama-lama memandang dan bermain ponsel. itu membuat ia merasa diabaikan.

Itulah hal-hal yang seharusnya dilakukan seorang suami ketika istri sedang sakit. Tetap jaga kesehatan dan wujudkan surga di rumah masing-masing.

 

 

Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

14 komentar untuk "Ketika Istri Sakit Apa yang Harus Dilakukan Suami?"

  1. bener nih, dulu pas saya sakit suami juga bantu2 beres2 rumah. rajin banget nyapu ngepel cuci piring, jemurin. jadi seneng liatnya, tapi kalo istrinya sehat ya balik lagi bantuinnya kalo lagi disuruh doang, wkwkwk.

    BalasHapus
  2. Saat istri sakit apa yang harus suami lakikan ? Pastinya lakukan hal serupa yang istri lakukan saat suami sakit.
    Tapi pada nyatanya, masih ada sebagian suami yang abai terhadap istri. Padahal ia tau istri sedang sakit tapi masih tetap menyuruh istri melakukan aktifitasnya dirumah tanpa membantu ataupun menyuruhnya istirahat.

    BalasHapus
  3. Paling susah nih kalau istri sudah sakit, ga ada yang merawat suami dan anak anak. Dan pastinya rumah akan berantakan.

    BalasHapus
  4. Sebagai suami harusnya memberikan support dan membantu ya kak.
    Jangan manja ,gak toleran dan banyak polah sama istri Tapi ini salah satu ujian loh kak,jadi tahu tipe suami seperti apa dalam menghadapi istri yang sakit.

    BalasHapus
  5. Yup kalau istri sakit sudah pasti geger dan semua repot... kalau saya sebisa mungkin kembali ke posisi "default" aja dulu kak.. minimal ga usah ngerepotin dulu dengan kebutuhan diri... ga ada makanan... masak alakadarnya..atau order on line... baju dan seragam... pake yang ada.. pokoknya ke default darurat... saya nyebutnya gitu...

    BalasHapus
  6. Faktanya istri sakit tidak bisa berlama-lama. karena ketika sembuh istri harus mengejar ketertinggalan tugas yang sudah di pending semenjak yang sakit. Semoga para istri selalu sehat, Aamiin

    BalasHapus
  7. Bener banget, istriku kalau lagi sakit biasanya pengen disayang-sayang wkwkkw

    BalasHapus
  8. Hal ini bisa banget dirasakan oleh suami kak, contohnya pas suami sakit kita maksimal nggak merawatnya. Kalau sudah pasti doski akan berterima kasih banget. Dan ketika sakit kita bisa dirawat maksimal juga.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah poin-poin di atas suamiku tau klo aku lagi sakit. Terutama makanku dan ngurusin anak-anak.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah suamiku udah ngelakuin semua. Apalagi lg WFH jadi banyak di rumah, kalo pas lg gk enak badan jadi ada yg bantuin

    BalasHapus
  11. Sebagai suami yg baik, saya melakukan sebagaimana istri memperlakukan saya ketika sakit. Memberikan perhatian dan membantu menyelesaikan pekerjaannya.

    BalasHapus
  12. Semestinya memang harus begini, ya kak. Karena, saat sakit seorang istri pun membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Ini bisa jadi buat catatan para jomlo yang ingin nikah, kalau dalam rumah tangga yaa hal ini harus dilakukan ya kak

    BalasHapus
  13. semoga para suami baca artikelmu ya mbak. kalau kata dokterku, orang sakit itu ada emosinya yg ga seimbang, kalau anak biasanya juga merasakan dari kedua orang tuanya. so jangan lupa kesehatan fisik itu berurusan sama emosi juga

    BalasHapus
  14. Mbak aku ketawa dengan point terakhir "jangan banyak polah" hihi emang kebnyakan yg namnya paksu klo istri sakit ada aja tingkahnya mungkin karena saking tergantungnya sama istri ampe kaos kaki aja masih tanya istri ..tapi apapun itu ya begitulah dinamika pasutri ..senantiasa sehat ya mbakk..

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.