Sulit Bangun Pagi, Lakukan 3 Cara Ampuh Berikut Ini

cara ampuh agar bangun pagi

Mengawali hari dengan bangun pagi akan mentransfer semangat hingga hari berakhir. Sayangnya, godaan untuk tetap tidur di pagi hari sangat besar. Apalagi udara yang sangat dingin dan musim penghujan. Ditambah lagi kegiatan yang menuntut begadang sampai malam untuk menyelesaikannya. Wah sayang sekali bukan, jika pagi yang menitipkan banyak harapan harus terlewat begitu saja. Memang harus dipaksakan untuk tetap bangun. Jika sulit bangun pagi, lakukan 3 cara ampuh berikut ini.

Bangun pagi berarti mengikuti anjuran Rasulullah

Jika kamu dipercaya menjadi tim sukses pemilihan pemimpin bagaimana perasaannya? Tentu senang sekali bukan? Pastinya mengikuti arahan sang calon pemimpin. Dengan hati-hati tidak melewatkan apa yang sudah diinstruksikannya. Meskipun sulit dan berat misi tetap harus selesai. Walaupun, terkadang harus ada rasa kecewa ketika calon pemimpin sudah menjadi pemimpin, dia melewatkanmu untuk disejahterakan.

Nah, sekarang pemimpin sebenarnya yaitu Rasulullah SAW menganjurkan agar di pagi hari tidak tidur. Meskipun kantuk yang besar kita harus melawan rasa malas bangun pagi sebab kata Rasulullah di pagi hari penuh keberkahan. Dan kamu tidak menemui kekecewaan, sebab perkataannya benar. Manfaatnya terasa bukan ketika kita bangun pagi? Seperti yang diceritakan kak Steffi Fauziah. Waktu pagi adalah waktu dimana Rasulullah telah mendoakan supaya dilimpahkan banyak kebaikan. Sayang sekali jika terlewat.

Sudah tahu manfaatnya, namun tetap saja sulit bangun pagi. Sepertinya, tiga ikatan yang dibuat setan berhasil. Ceritanya begini, sebelum tidur setan mengikatkan tiga ikatan di tengkuk manusia. Ikatannya sangatlah kuat. Ikatan itu yang dijadikan setan untuk menina bobokan sampai manusia malas bangun pagi karena setan tidak suka manusia memperoleh kebaikan dan keberkahan.

Penasaran bagaimana lepas dari ikatan tersebut? Ketika kamu terbangun, mendengar suara kokok ayam, alarm ataupun adzan yang sayup terdengar dari masjid. Segera baca do’a bangun tidur. Meskipun dengan mata terpejam. Berusahalah untuk duduk dan membaca alhamdu lil laahil ladzii ahyana ba’da ma aamatanaaa wa ilahi nusyur. Ikatan setan yang pertama akan lepas.

Kemudian, ikatan kedua setan akan lepas jika kamu mulai beranjak untuk mengambil wudhu. Segera lakukan. Tidak singgah membuka ponsel terlebih dahulu. Atau kembali rebahan. Sebab kemungkinan akan tertidur lagi nantinya. Air wudhu yang segar akan segera hilangkan rasa kantuk dan membuat hati tenang.

Setelah itu, segera lakukan shalat. Jika waktu shalat shubuh masih jauh. Bisa melakukan shalat tahajud terlebih dahulu. Namun jika sudah memasuki waktu shalat shubuh lakukan shalat qabliyatan shubuh dan diikuti shalat shubuh. Sampai di sini berhasil melepas ikatan setan yang ke tiga.

Wah gimana ya sudah dilakukan semua kok setelah shubuh malah tertidur lagi? Sebaiknya pelajari tips agar tidak tertidur setelah shubuh, selain tidak dianjurkan Rasulullah tidur setelah shubuh juga menyebabkan banyak penyakit.

Baca tips terkadang ambyar jika kantuk menyerang sangat kuat. Maka ingatlah, jika kita tidak melepas 3 ikatan setan di tengkuk sehingga sulit bangun pagi. bagaimana akan merasakan manisnya surga jika tiba-tiba ada tiga ikatan dari orang orang tercinta. Satu ikatan di kaki, satu ikatan di badan satu ikatan lagi di kepala. Dan mereka ramai-ramai menshalatkan kita.

Halamansekolah.com
Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

Related Posts

16 comments

  1. Kalau orang zaman dulu manfaat bangun pagi supaya rejeki gak dipatok ayam mbak hihi ada benernya juga sih ya kan kalau orang dagang kesiangan ga ada yang beli hehehe..bangun pagi juga bikin segar tubuh dan ga bikin pegal bener banget udah ku rasakan hehehe

    ReplyDelete
  2. Aku sampai sekarang bangun siang nih kak, not good banget aslinya. Habia subuh tidur bangun-bangun setengah sembilan. Soalnya nanti buka toko jam 9 pagi pulang pulang jam 8 malam, lelah banget kalau dari pagi nggak tidur lagi

    ReplyDelete
  3. Aku tuh kak kalau senin-jumat bisa loh bangun pagi, kenapa alarm tubuhku kalau hari libur malah sulit bangun pagi ya, intinya kalau aku ada janji pagi2 bisa tuh bangun kalau ga ya bablas cuma bangun buat shalat subuh, terus tidur lagi padahal kan ga baik ya.

    ReplyDelete
  4. Tahu gak mbak aku bangun pagi gara2 ibuku juga bangun pagi. Daan biasanya ibu suka beberes gitu. Aku kan gak mau beliau jadi capek akhirnya aku ngalahin deh , hehehe

    ReplyDelete
  5. Niat kuat dan dibiasakan. Kalo sudah terjaga dari tidur, langsung segera bangkit dari tidur dan segera melakukan wudhu. Biasanya kalo saya sudah melek gak segera bangun, eh, kebablasan lagi tidurnya

    ReplyDelete
  6. Tipsnya bisa aku infoin ke adik bungsuku yang masih kuliah, karena suka bangun siang padahal harus bangun pagi kalau ada jam kuliah pagu apalagi kalau ada ujian. Takutnya keseringan dan bisa mempengaruhi penilaian dosen.
    Apalagi sebagai umat muslim udah seharusnya bangun pagi sesuai anjuran nabi kita.

    ReplyDelete
  7. benar nih mbak linda, sebisa mungkin habis subuh memang jangan tidur lagi. aku malah prefer buat kerja atau nulis blog kalau abis subuh karena banyak inspirasi eheh

    ReplyDelete
  8. Perkara bangun pagi emang ternyata kebiasaan yang ngga mudah, ya. Jadi inget pas masih sering mager banget buat melek abis subuh. Terus berusaha buat tetep melek, penanaman kebiasaannya lumayan banget

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah saya terbiasa bangun pagi sejak kecil. Kebiasaan tersebut saya turunkan ke anak-anak.
    Memang susah juga kak untuk merubah kebiasaan bangun siang kalo udah jadi habbit. Kadang dikasih tips juga bisa manjurnya beberapa kali aja.. beda kalo emang sudah habbit bangun pagi

    ReplyDelete
  10. aku lagi berjuang untuk bisa bangun pagi lebih awal mungkin karena malam susah tidur ya jadi bangun pagi tuh bener-bener sulit padahal bangun pagi itu merupakan waktu terbaik untuk sembahyang dan juga berolahraga

    ReplyDelete
  11. Emang butuh niat kuat buat bangun pagi. Suka susah langsung bangun, biasanya rebahan dulu buka-buka hp. Jangan ditiru sih ini ya

    ReplyDelete
  12. Wah berguna nih buat aku. Aku sebenarnya bisa sih bangun pagi, cuma kalau pas lagi libur lebih ke males. gitu :(

    ReplyDelete
  13. Bangun pagi juga mesih menjadi PR saya nih, sejak memiliki anak, karena malam jadi sering begadang.

    ReplyDelete
  14. bener mba, bangun tidur harus baca doa bangun tidur, tanda kita bersyukur karena masih dikasih nikmat hidup sama Allah. karena pas tidur kan ruh kita dipegang Allah dan Alhamdulillah masih dikembalikan ketika bangun. makasih sharingnya mba.

    ReplyDelete
  15. Thanks kk infonya so sampai saat ini saya masih susah banget bangun pagi

    ReplyDelete
  16. Kebetulan dari SMP ortu sudah membiasakan bangun pagi utk urus angkot.. alhasil sudah menjadi kebiasaan hingga,hari ini

    ReplyDelete

Post a Comment