Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Keuntungan Menjadi Blogger

 

Menulis Blog

Aku menulis di Blog sudah hampir satu tahun. Meskipun baru fokus saat pandemic covid 19 melanda Indonesia. Work from home membuat aku bisa berlama-lama di blog. Dari rentang waktu tersebut aku merasa banyak keuntungannya menjadi blogger. Ada 7 keuntungan menjadi blogger, selain seperti sahabat saya Ipeh sebutkan menulis adalah terapi jiwa. Simak yuk!

Terbiasa Kerja Keras dan Pantang Menyerah

Blogger atau seseorang yang menulis di blog atau sebuah website adalah seseorang yang kerja keras dan pantang menyerah. Wih, sikap yang luar biasa bukan? Aku sangat menyadari ini ketika ikut kelas menaikan DA. Betapa waktu terasa sedikit sekali tersedia. Mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, tentunya yang berkaitan dengan blog.

Belum lagi system dikeluarkan, membuat peserta pantang menyerah untuk berjuang tetap mengerjakan tugas seoptimal mungkin. Tidak ada sebuah kerja keras yang sia-sia, akhirnya peserta dapat menikmati DA yang diimpi-impikan. Jadi, blogger jauh dari sikap rebahan mulu lho. Soalnya, dalam mempertahankan DA atau malah menaikkannya diperlukan kerja keras membuat konten blog.

Gemar Baca dan Menulis

Aktivitas seorang blogger selain menulis sebuah konten, juga disarankan bw (blog walking) dimana kabarnya selain bisa menaikan DA juga dapat membantu agar traffic blog berjalan sesuai yang diinginkan. Minimal dua kali dalam seminggu melakukan BW. Bisa stimulus ide untuk menulis konten. Bayangkan jika blogger tidak baca baca dalam waktu lama. Tentu, yang ia tulis akan basi atau tidak update.

Rajin Riset

Seorang blogger akan rajin riset, sebab apa yang ditulis berdasarkan data akan dapat meningkatkan trust sebuah konten. Siapa sih yang mau baca konten yang omong kosong doang.

Konsisten

Ngeblog bisa mengasah konsisten, benarkah? Iya banget ya, Soalnya blogger yang punya target agar memiliki nilai yang dikehendaki, akan berusaha semaksimal mungkin untuk konsisten buat konten, konsisten menyajikan tulisan bermutu.  Tujuannya mesin pencari percaya dengan blog kita dan memenangkan persaingan dengan blog kompetitor.

Kreatif dan Inovatif

Tidak hanya menulis, seorang blogger dituntut mengasah kreatifitasnya dan lebih inovatif. Misalnya dalam membuat konten, blogger juga harus bisa desain gambar agar lebih menarik. Membuat visual agar pengunjung betah di blog dan juga blogger siap-siap menyuguhkan lain dari pada blog lain. Supaya, traffic pengunjung banyak.

Selain itu, harus kreatif pula dalam memarketingkan blog di khalayak ramai. Blog halamansekolah belum maksimal dalam marketing. Terus mencoba hal baru dan try and error dianjurkan ya sis!

Memiliki Penghasilan tambahan dari Blog

Jujur! Aku terharu ketika bloggku mulai menghasilkan uang tambahan. Terharu sekali ketika pencairan artikel bertepatan dengan kondisi yang sedang sulit. Pokoknya sangat bersyukur, apalagi sebagai guru honorer sudah dua bulan belum gajian.

Masih perlu perjuangan lagi agar traffic blog meningkat. Sebab untuk sumber penghasilan tambahan dari iklan gooogle adsance jalannya masih seperti siput. Pelan sekali. Ketika melihat ringkasan pendapatannya membuat aku malu sendiri.

Wajar sih karena umur blog masih sangat muda. Masih baru belajar berjalan. Semoga semakin baik dan friendly SEO.

Nah, itulah 7 keuntungan menjadi blogger. Kalau aku sih lebih merasa menyesal menjadi blogger. Coba dari dulu jadi blogger, tentu sekarang lebih mudah bergerak. Apapun suka duka jadi blogger. Bersyukur adalah kunci utama agar kita sukses.

Bersyukurlah maka nikmat akan bertambah

Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

66 komentar untuk "7 Keuntungan Menjadi Blogger"

  1. Aku juga mengalami sendiri, kak. Pas niatin mau rajin ngisi blog. Terus bisa kebawa sampe punya jadwal tersendiri buat ngonten di blog. Bener-bener jadi ada ritme buat bisa konsisten terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga semakin lebih baik ya kak, hasil kerja keras kita.

      Hapus
    2. Aamiin kakak. Tungguin ketertinggalanku ya hehehe

      Hapus
  2. sharing dong kak cara mendaptkan gaji dr blog :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Postingan Dee luar biasa deh, udah buanyak banget. DA Dee juga udah oke. Kakak cek udah 7. Agar dapat gaji dari blog pertama Dee harus beli domain dulu. Gak mahal kok minimal harganya 15 ribuan. kalau mau yang domain com, agak mahal sekitar 125.000 pertahun sih. Supaya blog kita terpercaya. Kemudian, masuk group yang ada di FB ada Job Blogger Indonesia dll. Di sana sering dishare compaign untuk blogger. Isi form, kalau sesuai dengan permintaan klien kita akan di email atau wa. Semangat ya Dee ngeblognya!

      Hapus
  3. wih luar biasa mbak linda...memang bnr2 kosisten ya..semangat nerus nulisnyaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Hayo, semangat. Lihat temen semangat jadi ikut semangat kak Ina.

      Hapus
    2. Mbak Linda ini growth banget...terus semangat ya mbak...pasti bermanfaat buat kita dan pembaca ya insyaAllah

      Hapus
  4. Sementara masih belajar ngeblog. Belajar menulis dan melatih serta membiasakan membaca.

    BalasHapus
  5. Bersyukurlah maka nikmat akan bertambah.
    Terus semangat ya, Mbak..setuju konsistensi itu perlu.
    Saya start ngeblog bareng beberapa teman sekitar 3-4 tahun. Beberapa dari mereka tumbang karena berbagai alasan..sungguh sayang. Saat kita berproses dan tekun menjalani, Insya Allah hasil akan dinikmati nanti.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ketika aku harus melipir karena syarat DA belum memenuhi atau follower masih kurang. Aku ingat mbak Dian deh. Mbak dapat seperti sekarang karena ada proses yang cukup lama. 3 sampai 4 tahun itu tidak mudah untuk berjuang. Semangat! Semangat! Tidak ada usaha yang sia-sia, minimal akan dihitung sebagai ikhtiar ya mbak.

      Hapus
    2. Benar Mbak Linda, tidak ada usaha yang sia-sia..terus fokus, nikmati prosesnya. Terkait keuntungan gemar baca dan nulis, saya meski angka usia bertambah kok ya masih segar pikiran. Kalau saya bandingkan teman seusia (saya 44 tahun sekarang), kadang sudah enggak nyambung dengan kondisi terkini. Berkat jadi blogger itu enggak saya alami. Update info dan ilmu jadinya apalagi berteman dengan banyak blogger muda seperti Mbak Linda. Rasa-rasanya gejala menua saya jadi tertunda. Alhamdulillah

      Hapus
  6. Wah, selamat ya mba sudah berpenghasilan dari nge-blog.
    Semua keuntungan yang dipaparkan di atas juga aku rasakan perlahan mba.
    Yang penting mengasah diri agar terus konsisten nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk konsisten memang perlu saling mengingatkan ya kak. Ini traffik lagi terjun bebas. Memang harus dibuat stabil traffiknya, eh semangat ngeblognya.

      Hapus
    2. Nah iya, harus terus semangat jaga traffic ya mba.

      Kadang-kadang kalo malas bangettt buat nulis trus teringat tentang traffic ini, aku langsung move on dan upaya banget bisa nulis walaupun satu artikel per pekan

      Hapus
  7. Wah keren kak, udah berpenghasilan dari blog, oh iya kaka pasang adsense juga ya , langsung di.approve sama gugelnya? minimal trafiic brp kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ingat udah ditolak berapa kali. wkwkw. pas udah tambah conten ajukan lagi. Waktu itu gak terlalu perhatian dengan traffik dek, yang harus dilengkapi. Google analytic, Search google consolo, about, sitemap dan contact us harus ada di blog kita. kalau itu udah ok. Daftar insyaallah diapprove

      Hapus
    2. Kak Linda mah gak putus asa walaupun ditolak ya kak.. memang bener harus rajin mencoba. Hihi saya jadi teringat mengisi form banyak banget. Entah yang mana bisa kepilih

      Hapus
  8. Samaan kak Linda, aku pun menyesal kok baru menjelang 2 tahun aktif kembali. Padahal kenal blog udah belasan tahun. Kita para blogger jadi menghargai waktu kan..

    BalasHapus
  9. Setuju banget mbak dengan menjadi narablog memaksa kita secara tidak langsung untuk terus menerus belajar dan tidak cepat berpuas diri ya..karena ternyata buanyakkk banget yang belum kita ketahui..semangat mbak menajadi narablog

    BalasHapus
  10. Iya sih mbak, kalau tekun Insha Allah akan mendapat rezeki di jalan bloger

    BalasHapus
  11. Dan saya menyadari kalau masih belum maksimal menjadi seorang bloger , hehehe

    BalasHapus
  12. Rajin riset. Ini PR saya banget Mbak. Sering berdalih tak cukup waktu sehingga tidak riset dulu kecuali memang dibutuhkan. Dapat ilmu LSI juga hanya dibaca dan belum juga paham, apalagi praktik. "Duh, bebal ya

    BalasHapus
  13. Bener juga ya, Mba. Jadi blogger kita dituntut kreatif dan inovatif. Soalnya kemampuan menulis kalau ga diiringi dengan desain foto, atau animasi blog seperti ada yg kurang. Tapi kita juga dituntut gimana supaya blog kita tetap ringan walau ada desain2 kreatif.

    BalasHapus
  14. Benar Mbak, belajar jadi blogger bukan cuma belajar nulis konten. Tapi lebih luas dan banyak ilmu yang harus dipelajari. Semua berkembang tiap saat ada ilmu baru. Termasuk etika juga penting kalau mau jadi blogger.

    BalasHapus
  15. Senang deh makin banyak blogger Jambi yang aktif. Terusin ya mbak karena memang ngeblog banyak manfaatnya bahkan bisa jadi cuan. Saya dulu juga nggak tahu, tapi pas mentok banyak kebutuhan anak baru lahir jadi semangat eh sekarang Alhamdulillah ada aja penghasilan dari blog tiap bulan.

    Btw, Jambinya dimana mbak? Saya di Tebo.

    BalasHapus
  16. terbiasa bikin schedule untuk nulis hehe, ya namanya IRT pekerjaan rumah gak ada habisnya, kalau enggak pinter2 urus jadwal nulis bisa terbengkalai yang ada yaa, hihi.

    BalasHapus
  17. sepengalamanku belajar jadi blogger tuh emang nambah wawasan banget ya mba, karena suka ikutan acara ini itu dan jadinya nambah perspektif pengetahuan deh :)

    BalasHapus
  18. Masyaa Allah mba, keren tipsnya. Pekerjaan jadi blogger kayaknya emang makin cocok dengan kondisi sekarang ini. Aku kepengen deh mba produktif ngeblog, konsisten kayak mba dan blogger2 lainnya. Tapi seringnya mampet gitu, ga bisa ngide. Apalagi seharian ngurus anak dan rumah, udah ga ngerti lagi deh kapan mau nulis huhu

    BalasHapus
  19. Blogger merupakan hobi yang bisa menghasilkan duit, dan juga networking yang baik ya

    BalasHapus
  20. Mendapatkan penghasilan dari blog itu luar biasa membahagiakan ya Kak. Padahal dulu kupikir nggak mungkin gitu, siapalah saya yang bakalan mau CP di tempat saya, ataupun memesan artikel dari blog saya. Ke depannya makin banyak job kita ya amin in ya Allah

    BalasHapus
  21. Banyak banget ya keuntungan menjadi blogger, kalau yang saya rasakan, adalah dapat tambahan pemasukan, dapat banyak teman, dapat banyak ilmu, dan jadi lebih semangat karena hibi nulis jadi tersalurkan :)

    BalasHapus
  22. Sayapun sangat suka menjadi blogger.
    Kalo sudah mulai menulis, wahh suka lupa waktu.
    Tapi belakangan karena pandemi dan seluruh keluarga berkumpul di rumah, jadi konsennya ke daring anak, masak-masak, dan lain sebagainya.
    Curi-curi waktu de untuk nulis.
    Kalo sebelum pandemi, kan anaknya berangkat sekolah, pak su berangkat kerja, bisa me time menulis sekitar satu setengah jam sehari.

    BalasHapus
  23. Memiliki penghasilan tambahan itu bonusnya ya kak, karena sambil salurkan hoby menulis juga.

    Apalagi waktu nya bisa sambil dikerjakan kapan pun asal pekerjaan beberes rumah udah selesai. Kumpul bareng keluarga pun tetap bisa dilakukan kalau nulis udah kelar.

    BalasHapus
  24. Tapi penyakit saya jadi blogger kayak kurang konsisten gitu. Soksokan megang sekian blog, eh terbengkalai seluruhnya. WKwkkw padahal ngarep dapat penghasilan dari semuanya juga tetep

    BalasHapus
  25. Semangat mbak, dengan rajin menulis, insyaallah makin banyak yang tertarik untuk menawarkan kerja sama

    BalasHapus
  26. Menjaga konsistensi itu termasuk salah satu yang tersulit mbak. Awal nge-blog tujuan saya adalah self healing. Makin kesini kok jadi pengen mengembangkan tujuan lagi. Manatau ada jalan rezeki lain dari aktivitas nge-blog. Tetap semangat ya mbak!!! :)

    BalasHapus
  27. Memiliki penghasilan tambahan dari ngeblog ini memang terbukti yang penting kita tertap rajin update dan semangat bahwa tujuan utama ngeblog bukan Uang

    BalasHapus
  28. Terasa sekali emang ya Mba Linda... belajar teknis daleman blog sama sebelum belajar yak, Saya juga demikian. Sekarang jadi lebuih aware dengan kesalahan2 yg dulu sering dilakukan, sebisa mungkin menulis sesuai aturan SEO ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, samaan kak. Aku juga gitu. Dulu tahunya blogger itu nulis doank. Ternyata banyak yang mesti dipelajari ya.

      Hapus
  29. Betul banget mbak, apalagi kita juga bisa berbagi tentang apa saja lewat tulisan

    BalasHapus
  30. Emang banyak banget keuntungan jadi blogger ya mbak, awalnya aku jadi blogger cuma iseng doank. Eh ternyata makin ke sini makin banyak yang didapat dengan jadi blogger.

    BalasHapus
  31. Udah bertaun-taun ngeblog tapi baru migrasi TLD (hyaaa kenapa ga dari dulu2). Dan bener banyak banget yang harus dipelajari, tambal sulam sana sini.gaboleh baper dan harus teku,m

    BalasHapus
  32. Aku juga menyesal jadi blogger saat ini. Kenapa nggak dari dulu, ya? Haha tapi saya bersyukur sih... Kalau nge blog sejak dulu mungkin pencapaian nggak kaya sekarang ini deh

    BalasHapus
  33. Setuju, mendapatkan penghasilan termasuk yang terakhir. Kalau di awal, rawan mencederai prosesnya.
    Dan memang butuh syarat untuk bisa menghasilkan dari blog.

    BalasHapus
  34. Baca siput ikut malu saya tu. Sama nih masih lamban banget. Lebih cepet siputnya malah. Wakakakka

    Semangat Kak Linda. Semoga dimudahkan semua urusan.

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah yaa..ada banyak sekali manfaat maupun keuntungan yang bisa didapatkan dari kegiatan blogging ini :)

    BalasHapus
  36. Aku nyesal udah lama ngeblog tapi baru akhir akhir ini ketemu komunitasnyaa wkwkwkw.. Gile dulu belajar sampe otak berasap susah banget cuma tahu gitu gitu aja, akhirnya menyerah.. gitu ketemu teman-teman ternyata gak pake berasap lumayan paham soalnya belajar bareng wkwkwk :D

    BalasHapus
  37. Aku juga sebenarnya juga suka ngeblog mbak Tapi nggak tahu kenapa kalau sekarang lebih banyak bikin video gitu

    BalasHapus
  38. Semuanya saling terkait juga ya Mbak. Konsistensi misalnya .. ketika konsisten maka blogger bisa terasa kreativitasnya dan menjadi makin kreatif.

    BalasHapus
  39. Yang paling berat itu menjaga untuk tetap konsisten menulis. Blog saya sering banget terbengkalai karena alasan-alasan yang gak jelas :)

    Btw, keuntungan lain jadi blogger adalah kita punya teman-teman baru, yang saling support, berbagi info dan tips, seperti di grup WA.

    BalasHapus
  40. Semakin bertambah umur, sayangnya intensitas baca dan riset saya semakin menurun. Duh pengin deh semangatnya kayak mbak Linda yang sering ikutan kelas begini.

    BalasHapus
  41. Semakin kesini, semakin kerasa gitu kalau PR Aku di blog banyak banget, kurang ilmu dan segala macam. Plus nge blog Jujur bikin mengurangi kegiatan yg ngga penting, asli

    BalasHapus
  42. Lalu masih mikir dua kali jadi blogger... keterlaluan ... yuks..yg hobi nulis, dapat tambahan uang dari ngeblog...

    BalasHapus
  43. Boleh ga aku nangis dulu k linda hahahahaha huwaaa betul banget ini tulisannya mb. Tapi bagianku yang sampai detik ini sangat sulit ya "konsisten" nulis itu hiks susah banget deh heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kita mbak. Konsisten yang paling sulit. Semoga bisa cari jalan buat fokus dan konsisten itu.

      Hapus
  44. beruntung banget memang bisa jadi blogger mbak, saya pribadi belum sepenuhnya dapat 7 keuntungan, tapi sangat meraskan manfaat dari 7 yang mbak sebutkan..

    BalasHapus
  45. Semangat mbaak. Saya juga baru sebulanan ini mencoba ingin jadi blogger profesional. Banyak banget sih yang kudu dibenerin dan dibelajarin, tapi emang buat saya, blogger ini salah satu profesi masa depan yang sangat menjanjikan. Setuju sama keuntungan-keuntungannya

    BalasHapus
  46. Kalau saya alhamdulillah banget bisa belajar jadi narablog dan blog saya sudah termonetisasi walaupun saya merasa terlambaatttt banget baru mulai dan taunya ....suka heran sendiri kemana aja saya selama ini hehehe..semangat yukk ngeblognya...

    BalasHapus
  47. iya banyak banget ya mba keuntungan jadi blogger tuh, nambah wawasan juga karena belajar banyak isu sesuai sama kebutuhan klien nya juga, selain itu yaa bisa jadi self healing, nulisin unek-unek via tulisan kaya berasa jadi lebih plong aja

    BalasHapus
  48. bener banget, selain 7 poin ini sebenarnya ada banyak lagi keuntungan menjadi seorang blogger kak. aku merasakannya sendiri

    BalasHapus
  49. Dari ketujuh keuntungan menjadi blogger. Satu yang belum saya dapatkan, yaitu konsisten. terutama pada pembuatan artikel, blog saya seperti sarang laba-laba. gak bersih, jarang update artike terbaru. Hemmm kadang rasa malas itu susah untuk dihilangkan

    BalasHapus
  50. Pengen juga bisa konsisten buat konten. Sekarang lagi g bisa optimal karena fokus ke dedek dulu. Blognya no kesekian... huhuhu

    BalasHapus
  51. Pada masa awal ngeblog gapernah kepikiran sama hal-hal di atas. Mentok paling cuma mikir niatan ngeblog biar ada kenangan dan hal yang bisa dibanggakan. Hal yang membuatku tetap betah dan konsisten sampai sejauh ini mungkin adalah sebuah peribahasa latin yang berbunyi

    Verba volant scripta manent

    Menjadi orang yang menuliskan kisah dan dikenang di dalam sejarah.

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.