Kuliah di Jurusan Farmasi, Ini Dia Keunggulannya

Daftar Isi
Kuliah di Jurusan Farmasi
credit photo: Pixabay


Dulu ketika saya duduk di bangku SMA, ada beberapa teman yang berencana kuliah di jurusan farmasi. Mereka bertekad agar bisa masuk ke jurusan IPA, agar ketika melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, bisa lolos dengan jurusan pilihan mereka.

Saya sendiri waktu itu awam dengan jurusan farmasi, yang notabene kelak akan menjadi Apoteker. Bahkan di Sekolah Kejuruan pun, dimana setingkat SMA dulu ada jurusan farmasi. Terbukti kedua orang tua saya, waktu mereka berdua berada di jenjang sekolah menengah atas, Bapak Ibu mengambil Sekolah Asisten Apoteker. 

Akhirnya saya baru menyadari kenapa kedua orang tua saya sangat paham mengenai obat-obatan. Bahkan keduanya selalu menyetok berbagai obat-obatan penting untuk pertolongan pertama manakala ketiga anaknya sakit. Bangga juga saya mengetahui kedua orang tua mengetahui seluk beluk dunia farmasi.

Ilmu farmasi sendiri merupakan ilmu yang memelajari cara meracik, membuat serta mencampur formulasi obat dengan benar. Tentu saja racikan obat tersebut harus sesuai dengan dosis atau takaran, serta standarisasi yang ada. Hal ini dikarenakan racikan obat tersebut nantinya akan diberikan kepada pasien dengan harapan kesembuhan atas pernyakit yang diderita oleh pasien tersebut.

Salah satu profesi untuk ahli farmasi adalah Apoteker. Untuk meraih gelar Apoteker, maka seseorang harus menempuh pendidikan sekian tahun di sebuah perguruan tinggi Fakultas Farmasi.

Tentu saja ketika jurusan farmasi tersebut didirikan, tidak serta merta tanpa suatu fungsi. Farmasi memiliki peran utama di dunia kesehatan dan suatu negara, khususnya negara Indonesia. Beberapa fungsi dari farmasi antara lain:
  • Memberikan informasi tentang keberadaan obat-obatan di suatu negara
  • Menyediakan berbagai obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien di seluruh wilayah Indonesia
  • Berkontribusi terhadap pengembangan obat-obatan baru dimana tentu saja akan meningkatkan taraf kesembuhan pasien
Bagaimana, apakah kalian sudah mulai tertarik berkuliah di jurusan farmasi? Berikut akan saya jabarkan lebih detail keunggulan berkuliah di jurusan farmasi.

Keunggulan Kuliah di Jurusan Farmasi

Bagi kalian yang berencaa kuliah di jurusan farmasi, maka keinginan tersebut bisa dibilang sangat mulia. Hal ini dikarenakan jurusan farmasi merupakan bidang ilmu di dunia kesehatan yang masih sangat dibutuhkan oleh dunia, tak terkecuali pemerintah Indonesia.

Beberapa keunggulan ketika kalian berkuliah di jurusan farmasi antara lain:
  1. Prospek lapangan kerja terbuka luas
  2. Memiliki pengetahuan luas akan obat-obatan, untuk apa fungsi serta bagaimana obat dapat bekerja dalam menyembuhkan manusia
  3. Selain prospek kerja masih sangat terbuka lebar, lulusan farmasi juga dapat membuka lapangan kerja sendiri seperti membuka apotek.

Penutup

Bagi kalian para sarjana farmasi yang kebetulan berdomisili di Sumatera Utara, maka tidak perlu khawatir karena ada organisasi tempat berkumpulnya para ahli farmasi yaitu PAFI Pakpak Bharat. Bagi yang masih belum tahu, bisa mengunjungi situsnya di https://pafipakpakbharat.org/  untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Pakpak Bharat sendiri merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Sumatera Utara dan baru terbentuk pada tanggal 28 Juli 2003. Tentu saja sebagai sebuah kabupaten yang tergolong baru, maka Pakpak Bharat membutuhkan banyak tenaga di bidang kesehatan, salah satunya para ahli farmasi. 

Oleh karena itu, jika kalian merupakan lulusan farmasi yang kebetulan ingin atau sedang bekerja di Kabupaten Pakpak Bharat, jangan ragu bergabung bersama PAFI Pakpak Bharat dan segera kunjung situs https://pafipakpakbharat.org/ untuk mengetahui seputar informasi bidang farmasi di kabupaten tersebut.

Semoga informasi dari saya bermanfaat adanya. 


Referensi:

https://www.liputan6.com/hot/read/5248202/farmasi-adalah-ilmu-tentang-obat-ketahui-peran-dan-lingkup-kajiannya


Posting Komentar