Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengubah Url permalink yang Sudah Terbit Anti Eror

 

mengubah url permalink

Permalink atau permanen link adalah tautan permanen dari sebuah blog atau website. Sering juga disebut dengan URL. Semua urlku sebelumnya tidak SEO friendly karena terpotong, tidak tuntas. Biasanya mengambil kalimat pada judul postingan. Idealnya sebuah permalink harus membidik kata kunci atau mewakili seluruh isi artikel.

Jadi gimana dong? Dulunya sih karena tidak tahu, aku menganggap fine aja. Sampai aku punya kesempatan belajar di kelas growthing bersama mas Irwin dan mas Pewe. Hal ini juga dirasakan Blogger Balik Papan yang punya kesempatan ikut kelas mereka dalam menaikan DA.

Akhirnya saya dikick setelah setengah bulan di sana. Gara-gara kurang paham bagaimana memperbaiki permalink yang tautannya sepanjang tali jemuran. Sudah dibantu mbak Marita memperbaiki tamplate yang kurang friendly masih juga masalah permalink tidak selesai. 20 menit sebelum audit tugas blog ini masih eror 404.

Baiklah aku share disini sebagai pengalaman.

Cara mengubah Url permalink yang sudah terlanjur terbit tanpa eror

Buka dashboard blogger ya! Lalu pilih postingan yang ingin dirubah urlnya. Pilih opsi lainnya lalu kembalikan terlebih dahulu ke draf. 
cara mengubah url permalink

Perhatikan permalink ini awalnya : https://www.halamansekolah.online /2020/05/himbauan-bupati-bungo-boleh.html. Terlalu panjang dan terpotong. Idealnya panjang Url maximal 75 karakter lebih baik lagi jika hanya 60 karakter. 

Klik link sebelah kanan. Dan pilih permalink khusus. Kemudian ubah sesuai yang diinginkan. Url yang panjang seperti diatas saya ubah menjadi 69 karakter saja: https://www.halamansekolah.com/2020/05/pelaksanaan-shalat-ied.html

mengubah url permlink dengan pilih permalink khusus

 

Setelah itu klik tombol perbarui. Apakah sampai di sini pekerjaan finish.

Ternyata belum, Url lama yang tersimpan itulah yang sudah terindex oleh google. Sementara, Url yang baru belum. Kita tidak bisa langsung meminta index di search google console. Url pertama akan menjadi broken link, ketika permalinknya sudah diganti. Nah, disini kita akan redirect pengalihan terlebih dahulu link lama ke link yang baru.

Pengalihan dari link lama ke link yang baru

Mengganti permalink blogger tanpa meninggalkan broken link dapat dilakukan dengan cara:

Masuk ke menu setelan
pengalihan dari link lama ke link baru
 
Pilih Eror dan pengalihan
 
mengubah url permalink di stelan blogger
Pilih tambahkan  
 
Isi yang dibutuhkan. Nama domain utama tidak disertakan ya. URL lama:  /2020/05/himbauan-bupati-bungo-boleh.html Url Baru: /2020/05/pelaksanaan-shalat-ied.html 
 
Centang permanen
 
Klik ok. Lalu, simpan.

Nah, url lama telah berhasil dialihkan tanpa masalah broken link. Insya Allah SEO friendly. Sekarang ketika akan membuat postingan aku hati-hati supaya tidak repot edit-edit lagi agar sesuai SEO.

Index URL baru di search google console

Pekerjaan ini belum selesai karena url baru belum terindek teman. Klik site:nama domain blog. 

meminta index url
Lalu, masuk ke google search console. Setelah itu kopi link baru yang baru dibuat. Tekan klik untuk menguji apakah URL langsung dapat diindeks.
Uji url permalink

uji url baru
Tunggu beberapa saat, URL baru sekarang sudah terindeks atau tersedia di google.
mengubah url permalink berhasil
 

Nah, itulah teman sharingku tentang cara mengubah URL permalink yang sudah terbit anti eror. Sekarang aku lebih hati-hati lagi ketika membuat sebuah postingan. Agar SEO friendly URL aku hitung dulu di word sheet agar tidak lebih dari 75 karakter. Dalam membuat judul postinganpun demikian, tidak lebih dari 65 karakter. Meta deskripsi tidak lebih dari 150 kata. Judul postingan tidak lebih dari 60 karakter.

Jika teman-teman ada tambahan agar URL permalink SEO friendly sharing di kolom komentar ya!

 

 

 

 

Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

24 komentar untuk "Cara Mengubah Url permalink yang Sudah Terbit Anti Eror"

  1. Gara2 belajar di growthing jadi paham kita ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya mbak. Bersyukur pernah di kelas growthing.

      Hapus
  2. Serunya ya kak bisa ikutan kelas growthing. Hiks hiks belum pernah ikutan. Tapi cara di atas insyaAllah mudah diaplikasikan. Terimakasih banyak kak Maria..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak Linda maksudnya.. 🙈

      Maafkan aku typo kak

      Hapus
    2. Hihihi. Ayo mbak daftar. Rasakan kejutan demi kejutan.

      Hapus
  3. Aku beberapa kali ngelakuin ini nih. karena buru-buru mau post, jadi nggak perhatiin linknya, akhirnya edit lagi, hihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang harus hati-hati sekarang ya kak, supaya tidak repot.

      Hapus
  4. Aku ini lagi jalanin ini, ngisi redirect karena banyak link yang harus diperbaiki. PR banget ya, kak. Terutama buat pengguna BS kaya kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak, tahunya postingan udah puluhan. jadi memang harus sediain waktu untuk optimasi ya.

      Hapus
  5. Terima kasih infonya dan tutorial nya juga mbak, selama ini saya belum terlalu mengerti soal permalink.

    BalasHapus
  6. PR banget ini..aku juga baru tahu setelah hampir 4 tahun ngeblog, judulku sepanjang kereta api biasanya hiks..betulin satu-satu postingan 736 artikel itu sesuatu huhuhu. Ku simpan tutorial ini, aku mau coba nanti

    BalasHapus
  7. ternyata keliatan mudaj ya, nanti tak cobain kk

    BalasHapus
  8. kalo ngecek URL yg error gimana ya kak? khawatirnya ada yg error dan gak keindex oleh google. terima kasih ilmunya

    BalasHapus
  9. keren mbak linda..makasih sharingnya..aku mau ubah linkku jadi ga ada tanggalnya biar pendek gitu. tapi nanti ngaruh ke semua postingan dong ya? jadi broken link semua dong?

    BalasHapus
  10. wah keren nih membantu banget, tapi kalau harus update tulisan di home awal juga bisa keganti kan ya urlnya mba, berarti cara menerapkannya sama ya? sip deh kalo gitu, makaish mba sharingnya.

    BalasHapus
  11. Trims ilmunya mbak sayang, jadi tahu nih step-stepnya gimana. Dulu asal delete aja kalau nggak sesuai hihihi padahal bikin makin ancur blog ya

    BalasHapus
  12. Bener sekali sista, tapi masih banyak yang gak paham. Dengan belajar dan memiliki teman yang punya ilmu dunia perbloggingan, sangat membantu kita yang awam

    BalasHapus
  13. Adikku juga pernah alami hal serupa, soalnya saat klik link tersebut bukan nya ke artikel yang dimaksud tapi malahan eror.
    Kalau bisa ikutan class growthing ini,pasti bisa nambah ilmu ya kak, biar gak alami lagi hal seperti ini.

    BalasHapus
  14. duh masih banyak peer di blog yg harus dibenahi

    BalasHapus
  15. Seneng ya Kak bisa belajar dan peroleh ilmu langsung dari ahlinya. Jadi gak ragu mau otak atik blog

    BalasHapus
  16. Wah .Makasih banyak mbak, bermanfaat banget, suka kesulitan sama link yg terpotong

    BalasHapus
  17. Penguasaan teknikal seperti ini perlu dimiliki bloger ya Mbak Linda... jd bisa membantu saat link error entah karena apa.

    BalasHapus
  18. Oooo ternyata bisa diganti ya kak. Menarik nih, baru tau aku. Nanti kucoba ah, bookmark dulu

    BalasHapus
  19. Wah harus dicoba ini kak... sampai ganti linknya saya paham..pas rubah ke setting dan daftar ke GSC belum pernah nyoba...

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.