Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Semangat Ikuti Sosialisasi Modul Literasi dan Numerasi SD

Pada tanggal 19 September 2020 mendapat undangan Direktorat SD. Mengikuti acara sosialisasi modul literasi dan numerasi SD yang diselenggarakan melalui Webex.

Sosialisasi Modul Literasi dan Numerasi

Antusias dong? Tentu apalagi sudah membaca artikel dari sahabatku Icha yang berjudul menyemai kebaikan membaca. Sebenarnya sekolah kami SDN 81 Muara Bungo Jambi sudah menerapkan program literasi. Kegiatannya saya abadikan dalam tulisan berikut ini, Keseruan menggambar hari kemerdekaan

Apa sih modul literasi dan numerasi SD yang disosialisasikan pemerintah?

Modul literasi dan numeris SD adalah modul yang sengaja dirancang disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran selama kondisi covid 19 atau keadaan darurat lainnya.

Disini ada beberapa penyederhanaan kurikulum namun tetap mengandung kompetensi yang diharapkan. Dengan salah satunya lebih menekankan pada literasi dan numerik pada setiap muatan pembelajaran.

Barangkali ini adalah rancangan kurikulum yang ditunggu-tunggu oleh bapak ibu guru dan semua yang terlibat dalam dunia pendidikan. Bagaimana cara menyampaikan tujuan kurikulum tanpa meninggalkan kompetensi dengan cara berbeda. Yaitu pembatasan pembelajaran. Tidak tatap muka melainkan tatap maya dengan peserta didik.

Apa saja isi modul?

Modul ini berisi dari tiga bagian yaitu

Modul belajar siswa

Modul belajar siswa berisi serangkaian aktifitas yang dapat dilakukan siswa dengan tujuan pencapaian kemampuan literasi dan numerisasi.

Modul Pendamping untuk guru

Modul ini berisi penjelasan mekanisme atau cara kerja guru dalam memantau siswa ketika belajar dari rumah dalam kondisi pandemic covid 19. Ada juga tips-tips yang berguna untuk orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

contoh Tips di modul literasi dan numeris SD kelas 2

Modul Pendamping untuk orang tua

Modul ini tentang tips bagaimana mendampingi anak ketika belajar di rumah saat pandemic sekarang ini. Dimana orang tua dapat mempelajari tips kegiatan literasi dan numerasi sehingga poin dari pembelajaran tersampaikan.

Setelah disosialisasikan merata modul literasi dan Numeris SD ini akan diterapkan di semua sekolah. Mengingat kemendikbud sudah menerbitkan surat edaran tentang pedoman pelaksanaan kurikulum pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus yang tertuang dalam surat edaran nomor. 719/P/2020 yang telah diterbitkan pada tanggal 5 Agustus 2020.

Bagaimana cara mendapatkan modul literasi dan numerasi?

Silahkan bapak ibu kunjungi situs kemdikbud untuk memperoleh informasi terkait kurikulum darurat ini. Berikut ini adalah tautan bapak ibu bisa download modul literasi dan numeris untuk jenjang SD kelas 1 s/d 6.

Materi di modul ini sekilas sangat menarik. Modul penuh gambar berwarna yang membuat anak suka dan betah membaca. Sangat menggugah rasa ingin tahu peserta didik. Dengan banyak dongeng di setiap muatan pembelajaran yang merupakan ciri khas literasi. Modul numerisasinyapun dikreasikan semudah mungkin dengan tidak melupakan menanaman konsep matematika.

mudul literasi jenjang SD kelas 2

Secara keseluruhan memang keren, apalagi didukung dengan modul orang tua untuk mendampinginya. Membuat modul bertambah aplikatif di tengah pandemi, ketika anak belajar di rumah saja dalam waktu tidak terbatas.

Sebagai guru, orang tua dan peserta didik, kita dukung sosialisasi modul literasi dan numeris SD ini. Sebab, modul ini dikembangkan oleh Pusat Asesmen dan Pembelajaran dengan melibatkan ahli di bidang pendidikan khususnya literasi dan numerasi sebagai pengarah materi dan penulis serta para ilustrator di bidang buku cerita anak yang sudah berpengalaman.

Sangat menarik, jika bisa memang versi cetak yang dipegang oleh peserta didik.

“Apa bisa?” tanya seorang guru yang merupakan rekanku.

“Iya sih, satu tema itu sekitar 220 halaman.” Tentu jika diprintout menguras isi kantong. Semoga saja ada bantuan untuk ini ….

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

42 komentar untuk "Semangat Ikuti Sosialisasi Modul Literasi dan Numerasi SD"

  1. Senengnya kalau program literasi di sekolah udah jalan ya, mbak. Di sekolahku sih anak-anak lebih suka ngegame atau bongkar mesin dibanding baca 😁

    Mungkin karena anak SMK ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pandemi ini terhenti kak. Tatap maya, syukurlah ada kurikulum baru tanggap darurat covid 19.

      Hapus
  2. Hai. Orang Muara Bungo kah mba Linda?
    Saya menghabiskan masa smp di sana. SMP 1 Muara Bungo karena dulu alm. Ayah saya bertugas di sana hehehhe

    Saya juga dapat undangan ini. Tapi saya berikan ke guru-guru anak saya, siapa tahu mereka belum dapat undangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kakak, sekarang dimanakah domisilinya? Salam kenal dan rindu dari kota kenangan Muara Bungo ya.

      Hapus
    2. Sekarang saya tinggal di Medan. Balek kampong haha

      Saya rindu muara bungo.
      Mudah-mudahan suatu saat ada langkah berkunjung ke bungo lagi.
      Banyak teman di sana, dan saya rindu kulinernya. Mudah-mudahan masih pada di tempatnya.

      Hapus
  3. Di sekolah anak saya juga ada literasi gitu :D
    Btw seru juga ya ada modul pendamping buat ortu, memang butuh banget tuh, karena jujur ortu kelabakan dengan adanya PJJ sekarang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau di kotaku baru disosialisasikan kak, sepertinya dalam waktu dekat akan diterapkan.

      Hapus
  4. Bagus ya modul literasi an numeris SD, ada modul orang tua untuk mendampingi juga. Penasaran, pengen lihat

    BalasHapus
  5. Saya menanti yang versi sekolah menengah pertama, Mbak. Saya sudah lama dengar kurikulum covid ini, dan menantikannya.
    Btw, makasih informasinya ya. Ini kabar menyenangkan di pagi hari.

    BalasHapus
  6. Suka sekali dengan lembaga pendidikan dan juga sekolah yang concern pada pengembangan literasi untuk para siswa.
    Agar meningkat budaya dan kegemaran membaca masyarakat dan bangsa Indonesia

    BalasHapus
  7. Bersyukur banget ya kak Linda ada modul literasi dan numerisasi buat anak sd ngebantu banget nih buat pendampingan belajar ya kak.

    BalasHapus
  8. Aku suka banget literasi sejak dulu mb linda, sekarang sudah ada modul seperti ini semoga makin banyak ya yang menyukai literasi dan numerasi. Karena harapannya jadi lebih memudahkan

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah, semoga konsep dan modul literasi nya bisa membantu meningkatkan kualitas pendidikan dan anak didik kita. Aamiin...

    BalasHapus
  10. Semoga konsep modul literasinya dapat merata digunakan untuk mendidik anak2 sampai pelosok Indonesia ya mbak supaya terjadi pemerataan pendidikan. Amin YRA

    BalasHapus
  11. Tebal juga ya kak Linda, 1 modul sampe 220 halaman. Kalo mencetak modul melalui sekolah gak ada dana dari komite/dana bos kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya. dana BOS itu ada di tiap sekolah, tapi untuk jumlahnya tiap sekolah tidak sama dan keperluannya pun berbeda-beda. jadi ada sekolah yang bisa meng cover biaya untuk mencetak modul, ada juga yang dana nya terbatas.

      Hapus
    2. Oo.. gitu ya kak.. semoga selalu ada jalan keluar untuk guru-guru ya kak

      Hapus
  12. wah terimakasih infonya mba, aku auto ngecek yang modul kemendikbud nya, kebetulan banget dua keponakanku kan masih SD dan pada PJJ juga

    BalasHapus
  13. semangat mba ^^ aku aja begitu terbantu dengan adanya modul PJJ ini. secara untuk pembelajaran kelas 1 SD ditambah dengan sekarang mesti belajar online, kehadiran modul PJJ yang penuh warna dan gambar ini bikin siswa jadi lebih semangat belajat juga

    BalasHapus
  14. ini jadi semacam panduan juga ya buat orangtua dalam mendampingi anak untuk belajar di rumah.. semoga kita semangat dan bahagia terus yaa menjalani adaptasi baru ini.. Aamiin..

    BalasHapus
  15. Pas banget ini, modul literasi dan numerasi bisa buat materi PJJ anakku yang kelas 6 SD. Pusing juga kalau materi dari sekolah terbatas karena penyampaian secara daring. Kalau ada modul begini membantu sekali pasti

    BalasHapus
  16. Cocok banget nih, kak. Karena aku juga lagi butuh modul pendamping buat orangtua. Biar tau apa aja yang bisa aku lakukan biar maksimal belajar di rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak ipeh ortu butuh banget modul literasi dan numerisasi begini

      Hapus
  17. Sedikit lega ya Mas Menteri akhirnya mengesahkan penyederhanaan kurikulum awal Agustus lalu, jadi lebih realistis diterapkan ke anak-anak kita. Btw bagus nih acara sosialisasi modul literasi dan numerasinya ya

    BalasHapus
  18. memang ya, covid ini dampaknya luar biasa ke segala lini. ada yang follow upnya cepet, ada yg lambat bener. tapi semua jadinya saling belajar. semoga segera kelar ini pandemi. dan pendidikan kita makin baik.

    BalasHapus
  19. bagus ini untuk anak" yang ingin belajar di saat pandemi, next kalo udah gak ada pandemi semoga siswa dan guru bisa modulnya secara dulu lagi

    BalasHapus
  20. Bagus nih ada modul untuk orangtua alias pendamping juga. Jadinya orangtua pun jadi lebih terarah mendampingi anak-anak yang belajar dari rumah.

    BalasHapus
  21. Kurikulum anakku kebetulan berbeda, dan di masa pandemi ini butuh banyak soal latihan. Terima kasih ya referensi modulnya Mba.

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah akhirnya panduan dan modul untuk orangtua muncul juga, pastinya bantu banget supaya ortu ataupun pendamping belajar di rumah lwbih terarah dan tidak sekadar meraba-raba

    BalasHapus
  23. Di masa pandemi ini orang tua juga jadi banyak belajar ya mbak. Bukan cuma anaknya aja yang dituntut tapi orang tuanya juga. Alhamdulullah ada literasi seperti ini untuk orang tua

    BalasHapus
  24. mbak linda ada yang buah anak Tk ga? keren sih isinya tadi download yang kelas 1 ada buku ceritanya jg di dalemnya

    BalasHapus
  25. Keren ya modul literasinya bisa membantu ortu untuk mendampingi anak PJJ di rumah nih

    BalasHapus
  26. Semua komponen jadi punya semacam panduan ya... Guru, siswa, dan orang tua

    BalasHapus
  27. Modulnya bukan untuk anaknya aja ya, ada modul untuk orang tua juga , bagus nih apalagi sekarang masih belajar online ya membantu banget modul literasi dan numerasi.

    BalasHapus
  28. Sayang belum punya anak ya sista, jadi ga bisa dapat modul pendampingan anak belajar hihi. Padahal anak kakak aku belajarnya sama aku di masa pandemik gini .. belajar online itu malah membuat anak jadi banyak ketinggalan. Adanya modul gitu membantu anak untuk memahami apa pelajaran mereka ya

    BalasHapus
  29. sekarang modul literasi anak SD bagus ya, pasti anak-anak juga akan semaangat nih belajarnya. keren. makasih sharingnya mba.

    BalasHapus
  30. saya ga dapet so belum punya anak kk, pasti ini sangat membantu buat anak dan orangtua

    BalasHapus
  31. Itu artinya para orang tua yang memiliki anak sekolah jadi ikut melakukan pembelajaran ya. Masing-masing memiliki pegangan sendiri. Semoga dimudahkan semuanya.

    BalasHapus
  32. Wah, aku baru tahu kak ada kurikulum darurat. Ini udah disosialisasikan ke semua sekolah blm ya?

    BalasHapus
  33. Bagus nih mbak modulnya, smg akan ada bantuan ya buat print out, jadi nggak terlalu menguras kantong, apalagi pandemi spt sekarang ini yg kebutuhan jg makin bertambah. Smg segera ada solusinya

    BalasHapus
  34. Semoga dengan hadirnya modul ini membuat kerjasama antara guru murid dan ortu semakin sejalan beriringan... tapi itu 220 halama di print... repot juga sepertinya

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.