Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bingung Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah, ini Rekomendasi 5 Usaha Di Tengah Pandemi

Usaha Di Tengah Pandemi
Lima Rekomendasi Usaha saat Pandemi


Sudah hampir lima enam pandemic covid 19 melanda di Negeri ini. Tidak ada yang tahu kapan akan berakhir. New normal telah diberlakukan namun perekonomian masih berjalan melambat. Dampaknya sangat dirasakan oleh hampir seluruh lapisan masyarakat.  Kebingungan juga dirasakan adik-adik yang baru saja menyelesaikan kuliahnya. Mau kemana mencari kerja? Sementara, banyak orang di rumahkan. Perusahaan banyak yang tutup. Bingung mau kerja apa? Ada tips menarik nih dari sahabat Hadi, rekomended bagi adik-adik yang tidak ada modal untuk membuka usaha, Bisnis online tanpa modal. Selain itu, ada lima rekomendasi usaha di tengah pandemi:

Usaha Food Delivery

Food Delivery sekarang ini sangat berkembang pesat dan semakin banyak diminati. Ini merupakan rekomendasi usaha di tengah pandemi yang paling banyak dicari. Beberapa waktu lalu, ada seorang wanita yang viral. Sengaja berhenti dari perusahaan tempat ia bekerja, gara-gara menekuni usaha food delivery rumahannya, yaitu gethuk varian rasa. Yakin, masih pusing cari kerja, jika sudah merasakan usaha seperti beliau?

Usaha Minuman Herbal

Masyarakat semakin sadar bahwa menjaga kesehatan sangat penting. Menjaga daya tahan tubuh ditingkatkan. Kini, mereka lebih senang menikmati herbal drink daripada soft drink yang memiliki kadar gula yang tinggi. Ini rekomendasi usaha saat pandemi yang bisa dicoba saat lulus kuliah tapi bingung mau ngapain? Di tangan anak muda, penyajian minuman herbal kekinian akan membuat jamu banyak diminati. Ternyata, omset seorang teman yang mencoba berjualan jamu, madu, kurma dan herbal bisa mencapai 400 sd 500 ribu per hari. Bayangkan dalam sebulan!

Usaha Paket Pulsa dan Token Prabayar

Rekomendasi usaha di tengah pandemic selanjutnya adalah usaha paket pulsa dan token prabayar. Meskipun new normal sudah diberlakukan namun untuk anak usia sekolah dasar tetap belajar dari rumah Orang tua mau tidak mau menambah paket internetnya. Ibu di rumah juga tentunya banyak memakai alat elektrik untuk membuat cemilan selama anak di rumah saja. Durasi menonton TV juga meningkat yang mengakibatkan token listrik cepat habis bukan?


Usaha Jual Beli Masker

Masker selain menjadi pelindung diri juga menjadi trend aksesoris berpakaian. Lihat saja, Bunda Asma Nadia ketika menikahkan anaknya baru-baru ini. Mereka menggunakan masker ala princess. Cantik bukan?  Ini merupakan rekomendasi usaha yang menjanjikan untuk yang kreatif dalam menjahit saat pandemi. Meskipun omset penjahitan pakaian menurun, permintaan masker meningkat pesat. Apalagi, masker yang disediakan unik dan kekinian. Pastinya banyak yang minat.

Jangan khawatir jika adik-adik belum bisa menjahit, kita juga bisa menjadi reseller masker. Sebentar lagi, anak-anak sekolah dasar boleh sekolah. Kebijakannya masih simpang siur. Di beberapa daerah anak sudah mulai bisa sekolah di situasi new normal. Namun, mengikuti protokol kesehatan yang ketat. Jual beli masker yang sesuai dengan seragam sekolah anak tentu jadi rekomendasi usaha yang menjanjikan.


Online Shop

Online shop adalah rekomendasi usaha saat pandemic. Dimana menjadi trend belanja masa kini, dimana customer tinggal klik dari ponsel . Offline shoppun perlahan banyak yang sepi pengunjung dan tumbang. Apa saja bisa dijual di online shop. Dari sembako, kebutuhan rumah tangga, peralatan sekolah. Cukup posting di facebook melalui market place atau facebook page, status whatsapp, dan posting di Instagram, siap-siap banjir orderan.

Nah, Dari pada pusing memikirkan cari kerja kemana setelah lulus kuliah, adik-adik bisa mencoba rekomendasi usaha di tengah pandemi ini. Semoga selalu dimudahkan ikhtiarnya mencari rejeki dan tetap jaga kesehatan ya!


Halamansekolah.com
Halamansekolah.com Seorang pembelajar, yang ketika merasa lelah, ia ingat bahwa hidup ini hanya untuk beribadah. Dan momen itu sebentar saja.

15 komentar untuk "Bingung Cari Kerja Setelah Lulus Kuliah, ini Rekomendasi 5 Usaha Di Tengah Pandemi"

  1. Masya Allah. Tulisan yang seperti ini yang dicari sama masyarakat. Langsung ke solusi yang diperlukan.

    BalasHapus
  2. Banyak peluang ya jika kita jeli untuk mengatasi perokonomian masa pandemi ini. Thanks Kak sharingnya

    BalasHapus
  3. Usaha minuman herbal ini yang lagi marak. Di sekitar rumahku, tadinya jarang nemuin minuman empon emplonan kecuali di tukang jamu keliling. Sekarang minuman itu lagi marak dan bisa didapet mau pagi, siang atau malem sekalipun. Dan masih cukup menjanjikan kalau mau mulai usaha ini ya kak

    BalasHapus
  4. Intinya di masa pandemi ini kita bergerak aja dulu ya kak.. solusi akan datang seiring dengan ikhtiar. Di masa pandemi begini memang apa aja dilakoni asalkan halal ya kak..

    BalasHapus
  5. wah rekomendasi usaha nya boleh juga nih terutama usaha food delivery ya..karena semua org butuh mkn

    BalasHapus
  6. berwirausaha atau membangun usaha baru juga bisa dicoba. jika berhasil akan menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang lain. dan ini banyak sekarang dilakukan oleh para pengusaha muda. dan pemuda saat ini jangan hanya berpangku tangan dan mengandalkan orang tua.

    BalasHapus
  7. bener mbak linda, sekarang lagi hype banget usaha minuman herbal sama jual beli masker. mau merek dagang apa aja sekarang merambah jualan masker sama handsanitizer. karena momentum korona ini orang2 jadi aware sama kesehatan kan..nah kalau mau cari usaha ya ambil momentum ini ya

    BalasHapus
  8. Adikku dulu lebih kurang 1 tahun pengangguran, tapi gak kapok malah tetap terus semangat.

    Sampai akhirnya adikku dapat pekerjaan.
    Memang cari kerja itu gak gampang, jika punya modal tak ada salahnya buka usaha sendiri.

    BalasHapus
  9. Yup..ketika pilihan bekerja setelah kuliah menjadi sulit sepertinya pilihan untuk berwirausaha adalah pilihan menarik lainnya... tinggal mau atau tidak mencobanya ... saya dulu udah nyoba yg jual pulsa dan token... lumayanlah daripada nganggur

    BalasHapus
  10. usaha food delivery bener banget tuh, saya sering banget pakai ini kalo lagi gak bisa keluar hehe. membantu banget sih. apalagi kalau lagi enggak masak, hehe.

    BalasHapus
  11. Dulu pernah usaha jual beli pulsa, tapi banyak yang ngebon dan akhirnya modal gak bisa muter, hiks

    BalasHapus
  12. Online shop emang lagi booming kak, usaha offline saya bisa dibilang di titik survive saja tapi Alhamdulillah ke back-up usaha online

    BalasHapus
  13. Aku punya teman pandai banget lho buat minum herbal tapi sayangnya dia masih belum PD jualan... Bagaimana ya membujuk agar PD jualan minuman herbal

    BalasHapus
  14. Bener sekali ya ini usaha yang dapat dilakukan , saat bingung cari kerja setelah kuliah, food delivery dan token pulsa itu sepertinya usaha yang tidak ada matinya ya,.

    BalasHapus
  15. Sekarang harus pintar2 mutar otak ya mbak utk mulai usaha.. duh denger jakarta mau psbb rasanya usaha yg mba linda paparkan berguna sekali

    BalasHapus

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.