Ulasan History Fiction Sepenggal Memori Saat Holokaus Karya Charissa Agatha

Daftar Isi

Cerpen ini mempunyai opening yang menarik, sehingga membuat pembaca penasaran. “Berikan hormat kepada Hitler!” Ucap seorang prajurit Nazi yang kutaksir berusia 30 tahun kepada prajurit Nazi lainnya. Aku, beserta 5.000 wanita Yahudi hanya bisa diam dalam barisan, menunggu apa yang akan dilakukan selanjutnya oleh para prajurit yang tidak mengenal apa itu cinta dan kasih sayang.

Berkisah tentang seorang tahanan wanita Yahudi bernama Charissa Ergotia Agatha, atau dipanggil Aris dan seorang tentara Nazi yang bernama Leon Goretzka. Leon tidak seperti tentara yang lainnya yang hobi, mencaci, menendang bahkan tak segan-segan untuk membunuh. Rupanya Leon sebenarnya hati nuraninya tidak menyukai sebagai tentara Nazi yang kasar. Namun ayahnya sudah menghadiahkannya kepada Hitler sebagai prajurit.

Konflik cerpen ini sangat menarik. Klimaknya adalah ketika pertemuan Aris dan Leon. Di ruang pembuatan persenjataan. Satu orang harus membuat 100 senjata. Sementara tahanan yang lainnya termasuk Aris sudah kehabisan tenaga dan sangat lemas. Prajurit tak segan-segan berteriak dan menembaki. Di sini Leon muncul sebagai sahabat menolong Aris dengan memberikan teh hangat dan sepotong roti. 

Namun, kabar tentang kedatangan tentara Uni Soviet membuat para tahanan bersorak-sorai dan memberikan harapan bahwa mereka akan merdeka. Separoh hati Aris hilang, di sisi lain dia bahagia. Di sisi lain ia akan kehilangan Leon. Kedatangan para tentara Uni Soviet ini berarti menghancurkan kejayaan Hitler dan mengusir tentara Nazi. 

Kehawatiran itu akhirnya terjadi, bom Uni Soviet mengenai ruang administrasi tempat Leon bertugas. Aris sempat melihat Leon dengan wajah penuh debu, luka dan darah. Dia sempat mendengar. Aris kita akan merdeka!

Cerpen ini bersetting di kamp konsentrasi Auschwitz I pada 22 Juni 1940, selain memiliki tema yang sangat menarik. Cerpen ini juga mempunyai judul yang membuat penasaran “Sepenggal Memori Saat Holokaus” pembaca dibuat bertanya-tanya apa itu Holokaus dan menyelesaikan membaca sampai selesai. Ada Beberapa bahasa Jerman yang digunakan dalam dialog. Ini menamabh nilai plus tersendiri pada cerpen ini. Secara keseluruhan cerpen ini sangat bagus dan menarik.






2 komentar

Komentar yang baik akan kembali ke pemiliknya. Jadi, berkomentarlah yang baik saja.
Comment Author Avatar
12 Februari 2022 pukul 04.51 Hapus
halo aku baru aja ga sengaja cari tentang cerpen aku dan aku menemukan review ini ! Terima kasih ya sudah membaca dan memberikan review !
Comment Author Avatar
24 Februari 2022 pukul 23.55 Hapus
Halo kak, Terimakasih kembali, semoga sukses selalu ya. Ditunggu karya lainnya